rss

Selasa, 01 Maret 2011

Berkatalah Yang Baik

Saat diam mulai membosankan, atau situasi dan kondisi mengharuskan untuk bicara, maka berkata yang baik adalah pilihan Anda satu – satunya. Allah Subhanahuwata’ala berfirman yang artinya, “…dan katakanlan perkataan yang baik kepada manusia…” (QS. Al-Baqarah : 83) Lihatlah ungkapan yang demikian umum dalam ayat tersebut… “kepada manusia”. Ini menunjukkan bahwa orang kafir  pun berhak mendengar kata – kata yang baik dari kita. Bukan hanya itu, bahkan saat berdebat dengannya kita diperintahkan untuk menggunakan kata – kata yang terbaik, sebagaimana firman-Nya,
“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang terbaik..” (QS. An-Nahl : 125)
Berangkat dari sini, jelaslah bahwa seorang mukmin lebih berhak untuk mendengar kata – kata yang baik dari sesamanya, sebagaiman firman Allah, “Suruhlah hamba – hambaKu agar mereka mengatakan yang lebih baik. Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS. Al-Isra : 53)
Kemudian Allah menyebutkan bahwa perkataan yang baik tadi akan melambung demikian tinggi hingga berada di sisi-Nya, “Kepada-Nya lah naik setiap perkataan yang baik dan amal shalih pun diangkat-Nya…” (QS. Fathir : 10)
Kata – kata yang baik adalah perisai paling mudah dan murah dari siksa Neraka. Salah seorang sahabat yang bernama ‘Adi bin Hatim mengatakan, Suatu ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyebut – nyebut neraka sambil memalingkan wajahnya. Beliau mengatakan, “Jagalah dirimu dari Neraka,” kemudian memalingkan wajahnya lagi. Beliau melakukannya tiga kali hingga kami mengira bahwa beliau sedang memandang ke Neraka ! Kemudian Beliau bersabda,
“Jagalah dirimu dari Neraka walau dengan separuh kurma, Jika tidak ada, maka dangan kata – kata yang baik.” (HR. bukhari no 6174 dan Musli no. 1016)
Dengan berkata baik kepada orang lain, Anda telah bersedekah tanpa keluar sepeserpun. Bahkan boleh jadi Anda mendapat ridha Allah  sejak saat itu hingga hari kiamat tanpa Anda sadari! Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya,”…perkataan yang baik adalah sedekah.” (HR. Bukhari no.2827 dan Muslim no 1009 dari Abu Hurairah)
Beliau juga bersabda “Seseorang mungkin mengatakan sesuatu yang diridhai Allah tanpa dikira bahwa hasilnya sampai seperti itu, namun karenanya Allah menetapkan keridhaan-Nya bagi orang itu hingga hari kiamat ..” (HR. Tarmidzi no 2319, Ibnu Majah no. 3969, Ahmad no 15852)
Tahukah Anda , ridha Allah berarti di atas segalanya, bahkan ia lebih mulia dari Jannah sekalipun ! Sebab orang yang mendapatkan ridha Allah berarti tidak akan singgah di neraka sekalipun, akan tetapi langsung menuju Jannah. Bahkan lebih dari itu, ia diizinkan untuk menatap wajah Allah di sana, dan inilah puncak dari seluruh kenikmatan Jannah.
Ridha Allah lebih mulia dari Jnnah karena ia adalah salah satu sifat Allah, sedangkan Jannah adalah makhluk-Nya. Dan jelas bahwa sifat-Nya adalah lebih mulia dari makhluk apapun. Selain itu, ridha Allah adalah syarat utama sesorang diizinkan masuk Jannah.
Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah dari sekarang, siapa tahu sampai sekarang kata – kata tersebut belum terucap? Karenanya, berusahalah semampunya dan ingatlah selalu untuk mengatakannya, semoga Anda mendapatkannya suatu ketika.

“Lisanmu Adalah Surgamu”
Sufyan Bin Fuad Baswedan

0 komentar:


Posting Komentar